Keamanan dan Kenyamanan Wisata Bahari di Sibolga Tapteng

Wisata bahari di Sibolga Tapteng terus menarik minat wisatawan lokal maupun luar daerah. Namun, di balik pesona alam yang menawan, terdapat berbagai tantangan terkait keamanan dan kenyamanan yang perlu segera diatasi.

Denni, seorang praktisi ekonomi di Kota Sibolga, mengungkapkan keprihatinannya terkait minimnya regulasi dan standar keselamatan dalam industri wisata bahari. “Saat ini, sepertinya semua orang asal ada modal, boleh saja membangun usaha travel wisata dengan modal beli kapal,” ujarnya. Selasa (9/7/2024).

Menurut Denni, banyak usaha travel yang beroperasi tanpa melalui proses uji kelayakan yang memadai, sehingga aspek keamanan dan kenyamanan wisatawan terabaikan.

“Kemudian belum ada standarisasi harga untuk seluruh harga apapun yang terkait dengan wisata bahari tersebut. Hal ini menyebabkan ketidakpastian dan potensi ketidakpuasan di kalangan wisatawan.,” kata Denni.

Selanjutnya dirinya menekankan pentingnya perlindungan wisatawan dari risiko alam yang tidak terduga. “Bagaimana upaya menjaga keselamatan para wisatawan dari berbagai ancaman, termasuk kondisi alam, fasilitas keselamatan, dan potensi kejahatan.

Baru-baru ini, tiga orang menjadi korban akibat cuaca ekstrem yang melanda peraitan laut Sibolga-tapteng, Ini harus menjadi perhatian serius oleh pihak-pihak terkait,” ujarnya.

sumber: https://www.rri.co.id/sibolga/daerah/814198/keamanan-dan-kenyamanan-wisata-bahari-di-sibolga-tapteng